Senin, 24 November 2014

Tab Additional 1

I.                   Deskripsi Program
Program ini menggunakan tab additional yang terdapat pada Delphi7. Program ini berfungsi untuk memasukkan input teks ke dalam checklistbox dan kemudian bisa menghitung berapa jumlah item yang terdapat dalam checklistbox tersebut dan berapa item yang dichecklist.
Tampilan dari program ini terdiri dari satu edit text yang berfungsi untuk menginputkan teks, satu checklistbox untuk menampilkan teks yang telah diinput, dan tiga buah button masing-masing; input, reset, dan cek.
Ketika program dijalankan maka user akan diminta untuk menginputkan teks. Input hanya berlaku untuk huruf, apabila user menekan tombol tanda baca atau angka ketika menginput teks maka akan muncul pesan ‘invalid key’ yang artinya karakter tersebut tidak boleh diinputkan. Setelah teks selesai diketik, maka user bisa menekan enter atau tombol input yang disediakan untuk memasukkan ke dalam checklistbox. Selanjutnya user bisa menchecklist item yang terdapat dalam checklistbox. Apabila user ingin mengetahui jumlah item yang terdapat dalam checklist box dan juumlah item yang telah dichecklist maka user bisa menekan tombol cek. Ketika tombol cek tersebut ditekan akan tampil kotak dialog yang memberitahukan keterangan tersebut. Sedangkan tombol reset berfungsi untuk menghapus seluruh item yang terdapat dalam checklistbox.

II.                Interface Program

III.             Coding Program

Nama Komponen
Event
Perintah
BitBtn1
On Click
procedure TForm1.BitBtn1Click(Sender: TObject);
begin
if radiobutton1.Checked=true then
shape1.Shape:=stcircle
else if radiobutton2.Checked then
shape1.Shape:=strectangle;
end;
SpeedButton1
On Click
procedure TForm1.SpeedButton1Click(Sender: TObject);
begin
application.Terminate;
end;

Klik disini untuk program


0 komentar:

Posting Komentar