Sabtu, 05 November 2011

Manfaat Berorganisasi sekolah


hai ku pengen bagi bagi ilmu sedikit ya
Nah sebelum ke Manfaat Berorganisasi disekolah,.
kita ke hal negatif berorganisasi disekolah dulu lah,.,

Negatifnya:
1.Konsentrasi belajar berkurang
2.Sering Merasa lelah,karena tenaga dan pikiran harus dipompa terus
3.Jarang jalan-jalan (ini bagi yang memiliki agenda dan jadwal yang padat)
4.Kadang kadang bisa ketinggalan penjelasan guru (krn harus meninggalkan kls karena berbagai hal)
nah sebenarnya yang negatif itu bisa dihilangkan, klo kalian benar benar memahami apa itu organisasi ???, manfaatnya,. serta cara berorganisasi yang benar !!,.

ikut organisasi disekolah artinya kalian memiliki tanggung jawab tidak cuma sebagai pelajar disekolah, tetapi juga sebagai penyalur aspirasi murid,penghubung antara murid dgn pejabat sekolah (maupun guru) DLL,.,
namun terkadang ada murid yg lebih mementingkan organisasi ,., NAH ITU SALAH BESAR,.
sia sia klo organisasi baik tp ujung ujungnya nilai mu anjlok,., 
yang benar tu adalah ketika kalian bisa mengatur keseimbangan antara prestasi belajar dan prestasi berorganisasi,., ITU YANG MANTAP


berikut cara berorganisasi yang benar :
1.Memprioritaskan bahwa antara belajar disekolah dan berorganisasi harus saling mendukung,. dan bisa menyeimbangkan keduanya,. agar tdk timpang disatu pihak,.
2.biasakan waktu jgn terbuang sia-sia,setiap waktu gunakan itu untuk memikirkan pelajaran ataupun organisasi,
3.bikin jadwal berdasarkan yang mana yang perlu diprioritas kan.
4.gunakan waktu istirahat sebaik-baiknya,agar stamina tetap terjaga,.DLL

nah klo kalian mengikutin cara diatas insyaalllah,. kalian akan bisa berprestasi di ke2nya,.

"ngapain ikut organisasi,ga ada fungsinya??"
hahahah itu pertanyaan yang sering ku dengar dari beberapa orang yang cuma pagi bangun,siang sekolah,sore jalan,malam tidur,. hahahah ga ada sensasinya,.
beberapa akan ku paparkan manfaat berorganisasi;
  •  1.Menambah Pengalaman,,

diorganisasi kalian akan diberi banyak pengalaman seperti,.bagaimana mengatur job description,mengatur skla prioritas,pengalaman mengatur kegiatan,pengalaman berstrategi menyatukan visi,.dll
nah klo kalian ga ikut organisasi kalian bukan dapat pengalaman,. disekolah kalian akan cuma dapat TEORI SeJIbun,. nah diorganisasi pasti kalian akan dpt PRAKTEKNYA,.,,

  • 2.Sikap Mental

nah sikap mental yang terbentuk biasanya berupa sikap,. Disiplin,tekun, dan Percaya diri,.
mau bukti ???
iya deh ku kasih nih :
nah disiplin : di organisasi pasti memiliki target waktu atau deadline yang mesti dicapai ketika akan melaksanakan suatu  kegiatan ,.
for tekun : di organisasi kalian pasti mendapat suatu tugas yang mesti dikerjakan,.nah secara tidak langsung kalian pasti akan ngerjainnya dgn sungguh2,. nah kesungguhan tersebut kan menimbulkan sedikit demi sedikit sikap tekun,.,
Percayalah ??
and last Percaya diri : Memang percaya diri juga bisa diasah tanpa harus ber organisasi ,. namun sebenarnya percaya diri yanng diajarkan di organisasi lebih ber level tinggi  contohnya Percaya diri mengajukan proposal, percaya diri ngomong ke kepala kepolisian,.dan yang paling penting adalah percaya diri menghadapi suatu masalah
nah klo ga ikut organisasi paling percaya diri berhadapan dgn guru dan teman,.
ketemu polisi aja langsung kabur,padahal polisinya cuma lewat,.,(tp bagi yang tidak punya SIM diharapkan agar kabur.,hahahah)
  • Keuntungan Tambahan
nah keuntungan tambahannya tergantung masing masing sekolah,.
1.Kenangan gak terlupakan,.,
2.souvenir tambahan ketika jadi panitia,
3.menambah teman yang berfikir positif,
4.kadang krna organisasi bisa dpt tambahan nilai dri guru yang peduli,
5.mendapat pelajaran2 tertentu yang tidak diajarkan disekolah (contohnya:cara bikin proposal)
6.belajar untuk jadi pemimpin,.

nah segitu dulu ya,.ulasan aku mengenai organisasi,.
kuingatkan !! sebaik baiknya organisasi disekolah ,.tetap kita memiliki kewajiban sebagai pelajar disekolah yaitu belajar dan berprestasi,.

nah ini ada sedikit contoh :
anak kelas 10 A : juara 1 dikelas,karena nlainya tinggi,. tp tak percaya diri,ga bisa mengatur waktu,.hanya memiliki sedikit teman,hanya memiliki 1 panduan hidup yaitu buku (pdhl dlm kehidupan ada pedoman yang tertulis dan tidak tertulis),ga memiliki sensasi hidup,.gak ada pengalaman yang bisa dievaluasi ketika nantinya bekerja,.
anak kelas 10 B : Ketua panitia besar Kegiatan Nasional,.memiliki banyak pengalaman ,., namun tidak lulus ujian nasional,. lamaran ketika masuk bekerja sulit diterima krn nilai tidak memuaskan,.
anak kelas 10 C : Juara 1 dikelas. nilai dan prakteknya tinggi,. memillii banyak piagam baik itu kurikuler maupun ekstrakurikuler,. menjadi Ketua Osis yang berperan aktif,.sehingga memiliki pengetahuan yang baik dari segi tertulis,.maupun segi kehidupan,.memiliki banyak pengalaman,.sehingga ketika bekerja mudah mendaki suatu jabatan yang dinginkan,.., dan jujur aku sering dengar klo orang seperti ini ,. semua lamaran kerjanya diterima,(karena terbukti disekolah memiliki nilai yang bagus,serta aktif diluar sekolah).sehingga tinggal memilih pekerjaan saja lagi,.

nah itu beberapa gambaran dari yang sering kubaca dibuku,kudengar dari orang,. dan emang terbukti dikenyataan,.,

The End
(km kira film wkwkw)
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar