Sabtu, 25 Januari 2014

Perulangan For..Do



Perulangan ? yapp.. perulangan , pada bagian ini saya akan sedikit mengulas mengenai apa sih itu perulangan pada bahasa pascal ?
Jadi perulangan itu adalah proses berulang terhadap statement maupun serangkaian statement lebih dari satu kali.
Bingung ya ? gini contoh kehidupan nyata aja yaaa…
Misalkan kamu mau menulis kalimat “AKU CUMLAUDE” diatas kertas sebanyak 5 kali , nah otak kamu bakal memproses agar kamu menulis 5 kali , sampai tulisannya seperti ini :
“AKU CUMLAUDE”
“AKU CUMLAUDE”
“AKU CUMLAUDE”
“AKU CUMLAUDE”
“AKU CUMLAUDE”
Nah yang 5 kali diproses itu lah disebut perulangan

Udah paham kan ?
Kalo iya Alhamdulillah , kalo belum yaaa liat contoh nya aja, soalnya biasanya kalo liat contoh langsung paham hehehe

Dalam perulangan ada 3 jenis yaitu FOR .. DO , WHILE .. DO , REPEAT ..UNTIL
Namun dalam tulisan kali ini saya hanya akan membahas For..do
Jadi For..Do , adalah perulangan yang menggunakan perulangan yang sudah ditentukan jumlah nya
Agar yang baca tidak tambah bingung mending langsung liat sintaks nya ya 

Nah  jadi ini sintaks nya ... 
selanjutnya kita RUN .. 

Maka akan muncul gambar seperti diatas, yaitu kita disuruh menginputkan berapa kali perulangan yang dikehendaki 

 kali ini penulis menginginkan perulangan sebanyak 5 kali , 
maka akan terjadi tampilan akhir seperti dibawah ini

 
Tampilan akhir dengan tulisan 'AKU CUMLAUDE' banyaknya sesuai dengan yang diinginkan ,..

Jadi sudah bisa di pahami kan para pembaca ? 
yaaaa kalau begitu selamat berkreasi dan terimakasih telah membaca :)

0 komentar:

Posting Komentar